Kurangi Penggunaan Inhaler pada Anak Penderita Asma

Senin, 12 November 2012


KURANGI PENGGUNAAN INHALER PADA ANAK PENDERITA ASMA



Anak-anak yang menggunakan inhaler glukokortikoid untuk mencegah serangan asma mungkin  akan menjadi lebih pendek bila telah dewasa kelak, kata para peneliti. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan yang lambat, namun sebagian besar ahli percaya bahwa pertumbuhan akan kembali normal setelah beberapa tahun pasca terapi pertama.

Namun studi baru yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menemukan bahwa hal terssebut akan terus berlanjut sampai dewasa. Para ilmuwan mensurvei secara acak 943 anak-anak usia 5 sampai 13 yang mengkonsumsi dosis harian budesonida, nedokromil atau plasebo selama empat sampai enam tahun. Budesonide adalah inhalasi glukokortikoid inhalasi dengan nama merek Pulmicort, nedokromil adalah inhalansia nonsteroid yang tidak lagi tersedia di Amerika Serikat.

Semua anak-anak juga diobati dengan albuterol, bronkodilator. Pada usia 25, pasien dalam kelompok budenoside rata-rata memiliki tinggi badan sekitar setengah inci lebih pendek dibandingkan dengan mereka yang mengambil plasebo, dan semakin tinggi dosis obat yang mereka konsumsi, semakin besar penurunan tinggi tubuh pada saat mereka dewasa.

Survei ini juga termasuk usia, tinggi badan awal, ras atau etnis, jenis kelamin, durasi dan keparahan asma, serta faktor lainnya. Nedokromil tidak berpengaruh pada tinggi badan. "Ada banyak penelitian yang menunjukkan kortikosteroid inhalan menghasilkan penurunan pertumbuhan pada anak-anak sebelum pubertas," kata William H Kelly, mengacu pada kelas bahan kimia yang mencakup glukokortikoid.

Haruskah glukokortikoid dihindari? Tidak, Dr Kelly mengatakan. "Pada usia anak-anak hendaknya mendapatkan dosis yang lebih rendah untuk menghindari efek pada pertumbuhan tubuh mereka kelak", katanya. "Terapi merupakan cara yang paling efektif dalam pengobatan asma anak, dan dapat menurunkan risiko kematian.



 *Sumber : The New York Times via todayonline.com/Kartika Maharani
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Your comment here

Radio Rodja 756AM

Last Detik News

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Satya Excel Site - ساتيا ممتاز - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger