Budaya Mencontek yang Kian Meluas

Senin, 12 November 2012


BUDAYA MENCONTEK YANG KIAN MELUAS




Siswa sekolah menengah di Amerika Serikat ternyata semakin gemar mencontek. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu sekolah Midwestern pada 100 orang siswa, ditemukan bahwa banyak siswa menengah yang tanpa sadar sudah mencontek. Sebagian besar dari mereka yang mencontek tidak mengetahui batasan antara mencontek dan tidak mencontek.

Dalam beberapa kasus, sebagian siswa tidak memahami bahwa sedikit saja perbuatan yang tidak jujur dalam mengerjakan ujian ataupun tugas, hal tersebut tetap saja merupakan tindakan curang atau mencontek. "Meski demikian, secara umum siswa memahami apa itu mencontek, akan tetapi mereka tetap melakukannya," ujar Kenneth Kiewra, seorang profesor psikologi pendidikan di Universitas Nebraska-Lincoln, Amerika Serikat. Menurutnya, mereka mencontek ketika ujian, mengerjakan PR, dan ketika menulis laporan.

Dalam survei mereka yang ditulis dalam Jurnal Pendidikan Midwestern, Kiewra dan koleganya menemukan bahwa meskipun siswa mengetahui bahwa tindakannya itu merupakan kecurangan, mereka tetap melakukannya.

*Source : livescience.com/Intan Rahmawati

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Your comment here

Radio Rodja 756AM

Last Detik News

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Satya Excel Site - ساتيا ممتاز - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger