PENGALAMAN ITU PENTING..!!

Selasa, 20 Januari 2015


Hari ini adalah hari pertama kami menjalani praktik klinik. Kebetulan pada shift pagi hanya kami berdua yaitu saya dan mas amin teman sekelas kuliah saya. Praktik kali ini berbeda dengan sebelumnya yang selalu di rumah sakit, yaitu pada stase keperawatan komplementer dan alternatif. Di hari pertama kami dinas mendapatkan lahan praktik di sebuah klinik kecil bernama “Enggal Dhangan”. Klinik itu beralamat di Desa Telogo, Klaten, Jawa Tengah Berbatasan dengan Yogyakarta bagian timur. Pertama kali ke sana sudah menyasar salah jalan sehingga membuat saya membutuhkan waktu lebih 30 menit untuk bisa datang ke klinik itu. Akhirnya saya tiba disana pada pukul 09.30 WIB yang seharusnya dijadwalkan mulai pukul 09.00 WIB. Tetapi itu semua saya jadikan sebagai penglaman dan pembelajaran dalam memperteguh semangat menuntut ilmu.
Singkat cerita, setelah banyak berbincang-bincang dengan si pemilik klinik yang bernama Bapak Teuku Nasir ini, banyak pembelajaran yang saya dapatkan. Beliau sudah sekitar 9 tahun yang lalu sudah mendirikan klinik ini tepatnya mulai pada tahun 2005 silam. Beliau bisa melakukan terapi beberapa macam diantaranya Bekam, Akupuntur, Akupresur dan berbagai keahlian lainnya. Sebuah keterampilan yang luar biasa yang tidak semua orang bisa seperti beliau. Setelah saya kaji secara mendalam, ternyata beliau  bisa mempelajari ilmu itu semua dari keluarganya. Sudah dari dahulu keluarganya rata-rata menjadi seorang pengobat atau sekarang lebih dikenal sebagai terapis. Beliau berlatar belakang tidak kuliah. Hanya bermodalkan penglaman belajar dari keluarga ditambah dengan turut ikut dalam pelatihan-pelatihan dan seminar, beliau menyempurnakan keterampilannya.
Di sela perbincangan kami, kemudian saya bertanya bagaimana cara beliau sampai bisa mendapatkan izin praktik klinik (sekarang disebut STR : Surat Izin Registrasi) seperti sekarang ini. Beliau bercerita sebelumnya sedikit sulit untuk mengembangakan usaha ini, karena memang latar belakang pendidikan beliau bukan orang kesehatan. Tetapi sekarang sudah mudah untuk bisa praktik mandiri seperti beliau. Kemudian beliau menambahkan sedikit penglamannya, bahwa salah satu sistem yang dditerapkan beliau dalam memperkenalkan kliniknya adalah melalui iklan baik iklan elektronik, cetak, serta digital.

Beliau menuturkan bahwa di Indonesia, khususnya di daerah Yogyakarta masih banyak batasan-batasan dalam periklanan pengobatan komplementer ini. Contohnya, pada sebuah stasiun televisi swasta di Yogyakarta dalam hal menampilkan iklan keperawatan akupuntur dilarang menggunakan/menampilkan tindakan invasif dengan menusukkan jarum ke dalam tubuh seseorang. Padahal dasar ilmu akupuntur hakikatnya adalah dengan cara penusukan jarum, dan masih banyak lagi batasan selain keperawatan akupuntur dalam keperawatan komplementer. Meskipun demikian, beliau yang dilahirkan di Aceh ini tetap sabar, teguh, terus berupaya dengan segala cara supaya pengembangan kliniknya bisa dikenal oleh banyak orang.
Heei sobat.,
Ayoo, semangatlah. Melihat kemandirian Bapak Nasir tadi telah menggugah saya untuk bisa seperti beliau, apalagi saya adalah orang yang jelas sudah belajar dasar kesehatan. Masih banyak kawan-kawan perawat yang memandang keperawatan hanya sebatas akan dapat bekerja di rumah sakit, klinik, dan puskesmas. Padahal banyak sekali peluang yang dapat digali dan dikembangkan oleh kita khususnya perawat. Tak perlu berkecil hati, selama masih ada waktu teruslah belajar, kejarlah ilmu itu walaupun harus belajar dari orang yang berbeda latar pendidikan, berbeda dalam disiplin ilmu. Ilmu itu tidak secara mutlak kita dapatkan hanya sebatas dalam teori, tetapi pengalamanlah yang terpenting. Karena pengalaman adalah guru yang terbaik..

Salam semangat perawat indonesia.

Yogyakarta, 19 Januari 2015
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Your comment here

Radio Rodja 756AM

Last Detik News

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Satya Excel Site - ساتيا ممتاز - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger