RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
ajaran
|
Keperawatan Dewasa II
|
Kode
MK
|
MKB304
|
Beban
SKS
|
5
SKS ( 4 SKS Tatap Muka, 1 SKS Praktikum )
|
Tingkat
/ Semester
|
III
|
Pertemuan
|
15
|
Alokasi
Waktu
|
2
x
50 Menit ( 100 Menit )
|
Standar
Kompetensi
|
Mahasiswa
diharapkan mampu memahami asuhan keperawatan kebutuhan nutrisi : Diabetes Melitus,
Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma
Nodosa Non Toksik
|
Kompetensi
Dasar
|
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan asuhan keperawatan pada
penyakit Diabetes Melitus.
|
Indikator
|
1. Menjelaskan proses perawatan pada pasien dengan Diabetes
Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan
Struma Nodosa Non Toksik
2. Membuat pohon masalah dari
Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia,
Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
3. Mendiskusiakan rumusan
diagnose keperawatan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
4. Mendiskusikan rumusan
perencanaan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
5. Mendiskusikan implementasi
keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
6. Mendiskusikan evaluasi
keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
|
Tahap
|
Kegiatan
dosen
|
Kegiatan
mahasiswa
|
Sumber
|
Kegiatan
awal
(
10 Menit )
|
a. Mengucapkan
salam
b. Melakukan
apersepsi materi yang akan diberikan
c.
Menjelaskan
kompetensi-kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa pada pertemuan ini.
|
a. Menjawab
salam
b. Memperhatikan
dan memberikan sumbang saran
c.
Mahasiswa memperhatikan
penjelsan dosen
|
|
Kegiatan
inti
(
70 menit )
|
1. Menjelaskan proses perawatan pada pasien dengan
Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia,
Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
2. Membuat pohon masalah dari
Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia,
Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
3. Mendiskusiakan rumusan
diagnose keperawatan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
4. Mendiskusikan rumusan
perencanaan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
5. Mendiskusikan implementasi
keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
6. Mendiskusikan evaluasi
keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia,
Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
|
a. Memperhatikan
penjelsan dari dosen
b. Memperhatikan
penjelasan dari dosen
c.
Memperhatikan penjelsan dari
dosen
d. Mahasiswa
menanyakan hal-hal yang belum jelas disela-sela penyajian materi dan kemudian
memperhatikan jawaban dosen
|
Bare & Suzanne, 2002, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, Volume 2, (Edisi 8), EGC,
Jakarta
Carpenito, 1999, Rencana Asuhan dan Dokumentasi Keperawatan, (Edisi 2), EGC,
Jakarta
Doenges, E. Marilynn dan MF. Moorhouse, 2001, Rencana Asuhan Keperawatan, (Edisi III), EGC, Jakarta.
|
Kegiatan
akhir
(
20 menit )
|
a. Mengevaluasi
pembelajaran yang telah dilakukan dengan memberikan pertanyaan tentang materi
kunjungan awal fisiologi keperawatan anak
b. Minyumpulkan
materi yang telah diberikan
c.
Menyimpulkan jawaban dari pertanyaan
mahasiswa
d. Menutup
salam
|
a. Menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh dosen
b. Memperhatikan
penjelasan yang diberikan oleh dosen
c.
Mengerti dan paham tentang
materi yang akan diberikan oleh dosen
d. Mahasiswa
menjawab salam
|
|
Alat/Bahan:
Dalam proses pembelajaran
menggunakan media laptop, LCD, Whiteboard, Spidol.
Penilaian:
Evaluasi
dilakukan dalam bentuk tes essay secara lisan,
adapun pertanyaannya adalah:
1.
Apa saja rumusan
diagnose keperawatan yang muncul pada penyakit DM
2.
Bagaimana rumusan
intevensi pada penyakit DM
Jawaban :
1.
Diagnosa :
- Defisit volume cairan b/d kehilangan volume cairan secara aktif
- Resiko Infeksi b/d ketidakcukupan pengetahuan untuk menghindari paparan patogen
- Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d ketidakmampuan pemasukan atau mencerna makanan
- Kurang pengetahuan b/d Keterbatasan kognitif, interpretasi terhadap informasi yang salah,
2.
Intervensi :
- Fluid Management
- Infection Control (Kontrol infeksi) dan Infection Protection (proteksi terhadap infeksi)
- Nutrition Management dan Nutrition Monitoring
- Teaching : disease Process
DAFTAR PUSTAKA
Brunner dan Suddarth, (2001) Keperawatan Medikal Bedah, edisi 8,
volume 2, penerbit EGC.
Guyton, C. Arthur, (1991), Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit,
Missisipi; Departemen of Physiology and Biophysis. EGC. Penerbit Buku
Kedokteran. Jakarta.
Junadi, Purnawan,(2000), Kapita Selekta Kedokteran, edisi ke III,
penerbit FKUI, Jakarta.
Long, Barbara C, (1996), Keperawatan Medikal Bedah, EGC. Penerbit
Buku Kedokteran, Jakarta.
Price, Sylvia A,(1998). Patofisiologi, jilid 2, penerbit EGC,
Jakarta.
Tucker, Susan
Martin(1998), Standar Perawatan Pasien, Penerbit buku kedokteran, EGC.
Jakarta.
http://harnawatiaj.wordpress.com/2008/03/26/askep.struma/