RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KEPERAWATAN DEWASA 2

Minggu, 13 Oktober 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Mata ajaran
Keperawatan Dewasa II
Kode MK
MKB304
Beban SKS
5 SKS ( 4 SKS Tatap Muka, 1 SKS Praktikum )
Tingkat / Semester
III
Pertemuan
15
Alokasi Waktu
2 x 50 Menit ( 100 Menit )
Standar Kompetensi
Mahasiswa diharapkan mampu memahami asuhan keperawatan kebutuhan nutrisi : Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan asuhan keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus.
Indikator
1.       Menjelaskan proses perawatan pada pasien dengan Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
2.       Membuat pohon masalah dari Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
3.       Mendiskusiakan rumusan diagnose keperawatan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
4.       Mendiskusikan rumusan perencanaan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
5.       Mendiskusikan implementasi keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
6.       Mendiskusikan evaluasi keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik

Tahap
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Sumber
Kegiatan awal
( 10 Menit )
a.       Mengucapkan salam
b.       Melakukan apersepsi materi yang akan diberikan
c.        Menjelaskan kompetensi-kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa pada pertemuan ini.
a.       Menjawab salam
b.       Memperhatikan dan memberikan sumbang saran
c.        Mahasiswa memperhatikan penjelsan dosen

Kegiatan inti
( 70 menit )
1.       Menjelaskan proses perawatan pada pasien dengan Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
2.       Membuat pohon masalah dari Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
3.       Mendiskusiakan rumusan diagnose keperawatan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
4.       Mendiskusikan rumusan perencanaan penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
5.       Mendiskusikan implementasi keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
6.       Mendiskusikan evaluasi keperawatan pada penyakit Diabetes Melitus, Hipoglikemia, Dislipidemia, Hiperlipidemia, Hipertiroidisme, dan Struma Nodosa Non Toksik
a.       Memperhatikan penjelsan dari dosen
b.       Memperhatikan penjelasan dari dosen
c.        Memperhatikan penjelsan dari dosen
d.       Mahasiswa menanyakan hal-hal yang belum jelas disela-sela penyajian materi dan kemudian memperhatikan jawaban dosen
Bare & Suzanne, 2002, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, Volume 2, (Edisi 8), EGC, Jakarta



Carpenito, 1999, Rencana Asuhan dan Dokumentasi Keperawatan, (Edisi 2), EGC, Jakarta



Doenges, E. Marilynn dan MF. Moorhouse, 2001, Rencana Asuhan Keperawatan,  (Edisi III), EGC, Jakarta.

Kegiatan akhir
( 20 menit )
a.       Mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan dengan memberikan pertanyaan tentang materi kunjungan awal fisiologi keperawatan anak
b.       Minyumpulkan materi yang telah diberikan
c.        Menyimpulkan jawaban dari pertanyaan mahasiswa
d.       Menutup salam
a.       Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen
b.       Memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh dosen
c.        Mengerti dan paham tentang materi yang akan diberikan oleh dosen
d.       Mahasiswa menjawab salam





Alat/Bahan:
            Dalam proses pembelajaran menggunakan media laptop, LCD, Whiteboard, Spidol.

Penilaian:
Evaluasi dilakukan dalam bentuk tes essay secara lisan, adapun pertanyaannya adalah:
1.      Apa saja rumusan diagnose keperawatan yang muncul pada penyakit DM
2.      Bagaimana rumusan intevensi pada penyakit DM

Jawaban :
1.      Diagnosa :
  • Defisit volume cairan b/d kehilangan volume cairan secara aktif
  • Resiko Infeksi b/d ketidakcukupan pengetahuan untuk menghindari paparan patogen
  • Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d ketidakmampuan pemasukan atau mencerna makanan
  • Kurang pengetahuan b/d Keterbatasan kognitif, interpretasi terhadap informasi yang salah,


2.      Intervensi :
  • Fluid Management
  • Infection Control (Kontrol infeksi) dan Infection Protection (proteksi terhadap infeksi)
  • Nutrition Management dan Nutrition Monitoring
  • Teaching : disease Process




DAFTAR PUSTAKA

Brunner dan Suddarth, (2001) Keperawatan Medikal Bedah, edisi 8, volume 2, penerbit EGC.

Guyton, C. Arthur, (1991), Fisiologi Manusia dan Mekanisme Penyakit, Missisipi; Departemen of Physiology and Biophysis. EGC. Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta.

Junadi, Purnawan,(2000), Kapita Selekta Kedokteran, edisi ke III, penerbit FKUI, Jakarta.

Long, Barbara C, (1996), Keperawatan Medikal Bedah, EGC. Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.

Price, Sylvia A,(1998). Patofisiologi, jilid 2, penerbit EGC, Jakarta.

Tucker, Susan Martin(1998), Standar Perawatan Pasien, Penerbit buku kedokteran, EGC. Jakarta.

http://harnawatiaj.wordpress.com/2008/03/26/askep.struma/








Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Your comment here

Radio Rodja 756AM

Last Detik News

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Satya Excel Site - ساتيا ممتاز - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger